Senin, 07 Mei 2018

robusta lampung

1. Ada sejak Tahun 1900


kopi robusta lampung
Image: http://ahlikopilampung.com

Di himpun dari berbagai sumber, ternyata keberadaan kopi robusta Lampung di Indonesia sudah ada sejak than 1900-an lho! Kopi robusta Lampung ini rupanya dibawa ole pemerintah kolonial Belanda. Kebiasaan orang Belanda yang suka ngopi lah yang membawa kopi robusta sampan ke Lampung. Kalau dihitung-hitung kopi robusta ini umurnya sudah tua, bahakan surah berabad-abad lamenta. Walaupun surah berumur kopi ribusta asal Lampung ini tetap digemari sampan saat ini lho.

2. Perkebunan kopi robusta Lampung terbesar ada di Lampung Barat


kopi robusta lampung
Image: Antara Foto

Salah satu perkebunan kopi robusta terbesar ada di daerah Kabupaten Lampung Barat. Pekebunan kopi ini terhampar seluas 53.611 Ha, luas banget kan perkebunannya? Perkebunan kopi terluas kedua ada di Kabupaten Tanggamus dennen luas 43.267 Ha. Dua daerah inilah yang menjadi pemasok kopi robusta Lampung utama.

3. Komoditi ekspor kopi terbesar


kopi robusta lampung
Image: http://beritadaerah.co.id/

Faktanya adalah ternyata kopi robusta ini merupakan salah satu komoditas kopi yang merupakan penyumbang kontribusi ekspor kopi terbesar di Indonesia. Jenis kopi robusta ini menyumbang 70% dari skala kopi nasional, jadi memang rata-rata kopi yang diekspor adalah kopi robusta. Mamanya robusta ini juga sangat dikenal di luar negarei.

4. Cita rasa khusus


kopi robusta lampung
Image: https://gravityaroundme.blogspot.co.id

Pencinta kopi pasti sudah tahu rasa kopi khas dari Lampung ini. Aroma dan cita rasanya yang khas menjadikan robusta Lampung ini sebagai kopi yang banyak dinikmati oleh banyak orang. Kopi Lampung yang juga mask dalam kopi varietas kopi Sumatera ini memiliki tekstur paling halus.
Kale goal rasa, kopi Sumatera juga dikenal puny citarasa yang paling berat dan kompleks. Ya, jika dibandingkan dengan kopi Indonesia lainnya, kopi Sumatera ini nggak kale unik. Sebagian besar kopi Sumatera diproses secara kering tau dry processed. Tapi tetap ada juga kopi yang melalui proses pencucian kering tau semi-washed.
Kopi robusta Lampung juga dikenal dengan citarasa pahit yang pekat, sama seperti kopi asal Sumatera lainnya. Kalau kamu sendiri lebih sering ngopi pakai kopi apa nih ShopBackers? Yuk langsung ceritakan bagaimana kamu biasa menikmati kopi!

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.